Membuat Query Dan Apa Fungsiny Didalam Microsoft Access


Query dalam Microsoft Access adalah sebuah permintaan atau panggilan suatu data dalam sebuah data base, sebenarnya Fungsi Queri ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan Filter pada Microsoft Excel. Query dalam Microsoft Access mempunyai kelebihan dari Filter pada Microsoft Excel antara lain dapat menampilkan data dari dua table atau lebih dengan mudah. Untuk memahami Query kalian harus mampu membuat atau memahami table/database terlebih dahulu. 

Query  juga dapat/bisa diartikan sebagai berikut :

  • Query adalah suatu extracting data/information berasal dari suatu database dan menampilkannya untuk “pengolahan” lebih lanjut.
  • Query adalah pertanyaan atau permintaan/ permohonan Info/informasi tertentu atau khusus yang berasal dari sebuah basisdata yang ditulis didalam format tertentu.
  • Query adalah perintah-perintah untuk mengakses atau membuka data/ information pada proses/sistem basis data.
Fungsi Query

  • Menampilkan data-data tertentu/khusus terhadap suatu table, contohnya kita hanya/cuma menginginkan {melihat|lihat|menyaksikan|memandang} data/information pada table barang yang kode barangnya “B001”
  • Menampilkan data/information berasal dari dua table atau lebih dengan syarat anatara table itu tersedia/ada field yang berhubungan. Contohnya kita ingin melihat Nomor Faktur “F0001” itu siapa pemiliknya. Di sini kita mengambil alih data/information yang berasal dari table Header Penjualan dan Table Karyawan, Sebagai penghubungnya adalah field NIK.
  • Dapat melakukan/menjalankan operasi perhitungan.
Query umumnya/biasanya digunakan sebagai sumber data/information untuk Report dan Form.Kita bahas sedikit mengenai Form dan Report yaa sebelum kita akan masuk ke cara/langkah pembuatan query


Langkah langkah membuat Query dalam Microsoft Access
1. Membuat Query dalam Microsoft access kalian harus mempunyai table/database

2. Selanjutnya pilihlah Create pada tampilan awal Ms. Access 2010 untuk membuat database, lalu simpanlah pada Local Disk C/D atau flashdisk atau tempat penyimpanan data lainnya. Sebelum membuat Query harus mempunayi database terlebih dahulu.


Membuat Query dengan Query Wizard
  • Pilih Create -> pilih Query Wizard

  • Pilih Simple Query Wizard -> OK

  • Pada pilihan Table/Queries pilih tabel yang diinginkan misalnya JUAL/MOBIL -> pilih field yang diinginkan dengan menggunakan tombol (>) -> Next

  • Pilih Detail (data lengkap) atau Summary (rangkuman) -> Next

  • Ganti Judul Query sesuai keinginan -> open the query to view

  • klik finish

Membuat Query dengan Query Design
  • Pilih Create -> pilih Query Design

  • Pilih Table -> Add

  • Sehingga ada tampilan sperti ini -> klik close

  • Selanjutnya pada jendela kerja Query dapat isi Field, Table -> centang pada kotak Show. Hingga muncul seperti pada contoh berikut. Field yang diisi sesuai dengan yang diinginkan, dan Table diisi darimana field itu didapat.

Terimakasih Selamat Mencoba, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Query Dan Apa Fungsiny Didalam Microsoft Access"

Post a Comment