Kita akan membahas cara menambahkan combo box.
Combo Box digunakan untuk proses entry data, dimana datanya sudah ada (sudah ditentukan) dan Pengguna tinggal memilih. Keuntungan dari combo box yaitu untuk mengurangi kesalahan pengetikan dan supaya seragam, karena datanya sudah Tersedia sesuai pilihan.
Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :
Pertama tambahkan terlebih dahulu kolom field baru dengan nama “Jenis Barang” dengan data type “text” pada tabel Penjualan Barang, sebagai tempat untuk menaruh data pilihan Jenis Barang, jika belum tahu cara membuat field name bisa baca disini cara membuat field name dan menentukan data typenya.
Selanjutnya pada form Penjualan Barang klik pada Design View, Setiap kali akan mengedit form atau tabel pastikan pada design view, caranya klik menu View>>> Design view
Kemudian tambahkan combo box, caranya klik menu Design >>> group Control >>> klik Combo Box dan letakan pada form Penjualan Barang tersebut.
Selanjutnya akan muncul tampilan common box wizard ada 3 pilihan yaitu, kita pilih saja : I will type in the value that i want ( maksundya : pilihan data dari kombo box kita ketik sendiri) >>> klik Next.
Muncul List Box Wizard, ketikan Jumlah kolom 1 atau bisa ditambah sesuai kebutuhan, selanjuntya ketikan pilihannya dalam pembahasan kita Jenis Makanan yaitu ketikan “Makanan” “Minuman“dan “Peralatan”. >>> klik Next
Akan muncul seperti dibawah ini, karena sudah kita buat tempat atau fieldnya pada langkah awal maka bisa langsung kita pilih yaitu pada filed “ Jenis Makanan” selanjutnya klik next
Selanjutnya beri nama label sesuai dengan nama combobox yang anda buat yaitu: “ Jenis Makanan”.
Selesai selanjutnya dirapikan kita bisa atur ukuran dan peletaknnya, dan coba kita cek hasilnya apakah sudah berfungsi dengan benar.
Selamat Mencoba





0 Response to "BELAJAR MEMBUAT COMBO BOX PADA OFFICE ACCESS"
Post a Comment